Jumat, 03 Agustus 2012

ANALISIS STANDAR ISI KIMIA

ANALISIS STANDAR ISI
(Permendiknas no.22 dan no.24 tahun 2006)

Nama Sekolah                   :  MAN Sukamanah
Mata Pelajaran                 :  KIMIA
Kelas/Program                  :  11/IPA
Tahun Pelajaran               :  2012/2013


A.  Kerangka Dasar Kurikulum
Ø Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Cakupan  :  Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada SMA/MA/SMALB  
                      Dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
                      Serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

B.  Tujuan Mata Pelajaran Kimia
      1.  Menyadari keteraturan dan keindahan alam untuk mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
      2.  Memupuk sikap ilmiah yang mencakup:
  sikap jujur dan obyektif terhadap data;
• sikap terbuka, yaitu bersedia menerima pendapat orang lain serta mau mengubah    pandangannya, jika ada bukti bahwa pandangannya tidak benar;
 ulet dan tidak cepat putus asa;
• kritis terhadap pernyataan ilmiah, yaitu tidak mudah percaya tanpa ada dukungan hasil    observasi empiris; dan
 dapat bekerjasama dengan orang lain.
      3.  Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen,   dimana siswa melakukan pengujian hipotesis dengan merancang eksperimen melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan interpretasi data, serta mengkomunikasikan hasil eksperimen secara lisan dan tertulis.
4.  Meningkatkan kesadaran tentang aplikasi sains yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi   individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan
            lingkungan demi kesejahteraan masyarakat.
      5. Memahami konsep-konsep kimia dan saling keterkaitannya dan penerapannya untuk   menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
      6.  Membentuk sikap yang positif terhadap kimia, yaitu merasa tertarik untuk mempelajari kimia  lebih lanjut karena merasakan keindahan dalam keteraturan perilaku alam serta kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam dan penerapannya dalam teknologi.

C.  Ruang Lingkup Mata Pelajaran Kimia
      1.  Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia (lanjutan)
      2.  Termokimia
      3.  Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia
      4.  Larutan Asam Basa
      5.  Stoikiometri Larutan
      6.  Kesetimbangan ion dalam larutan
                a.  larutan Penyangga
                b. Hidrolisis Garam
                c.  Kelarutan dan Hasil kali kelarutan
      7.  Sistem koloid

D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     
No.
Rumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Semester
SK.1

Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa 
I ( Ganjil )
KD 1.1


KD 1.2

KD 1.3
Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.
Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron disekitar kulit luar atom pusat dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk  molekul.
Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan sifat zat
SK.2
Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
KD 2.1

KD 2.2
Mendeskripsi-kan perubahan entalpi reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi endoterm
Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan
SK.3
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
KD 3.1

KD 3.2


KD 3.3

KD 3.4

KD 3.5
Mendeskrip-sikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan
Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi keseimbangan
Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
SK.4
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya
II ( Genap )
KD 4.1

KD 4.2

KD 4.3

KD 4.4

KD 4.5

KD 4.6
Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.
Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.
Mendeskripsi-kan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan
SK. 5
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.
KD 5.1

KD 5.2
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar