ANALISIS STANDAR ISI
(Permendiknas no.22 dan no.24 tahun 2006)
Nama
Sekolah : MAN Sukamanah
Mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Program : 11/IPA
Tahun
Pelajaran : 2012/2013
A. Kerangka Dasar Kurikulum
Ø
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Cakupan : Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi pada SMA/MA/SMALB
Dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi
lanjut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Serta membudayakan berpikir ilmiah secara
kritis, kreatif dan mandiri.
B.
Tujuan Mata Pelajaran Kimia
1. Menyadari
keteraturan dan keindahan alam untuk mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
2. Memupuk sikap ilmiah yang mencakup:
• sikap
jujur dan obyektif terhadap data;
•
sikap terbuka, yaitu bersedia menerima pendapat orang lain serta mau mengubah pandangannya, jika ada bukti bahwa pandangannya
tidak benar;
• ulet dan
tidak cepat putus asa;
•
kritis terhadap pernyataan ilmiah, yaitu tidak mudah percaya tanpa ada dukungan
hasil observasi empiris; dan
• dapat
bekerjasama dengan orang lain.
3. Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode
ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana siswa melakukan pengujian hipotesis
dengan merancang eksperimen melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan
dan interpretasi data, serta mengkomunikasikan hasil eksperimen secara lisan
dan tertulis.
4.
Meningkatkan kesadaran tentang aplikasi
sains yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta
menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan
lingkungan demi kesejahteraan
masyarakat.
5. Memahami konsep-konsep kimia dan
saling keterkaitannya dan penerapannya untuk
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
6. Membentuk sikap yang positif terhadap kimia,
yaitu merasa tertarik untuk mempelajari kimia lebih lanjut karena merasakan keindahan dalam
keteraturan perilaku alam serta kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagai
peristiwa alam dan penerapannya dalam teknologi.
C. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Kimia
1.
Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia (lanjutan)
2.
Termokimia
3.
Laju Reaksi dan Kesetimbangan Kimia
4. Larutan Asam Basa
5.
Stoikiometri Larutan
6.
Kesetimbangan ion dalam larutan
a. larutan
Penyangga
b. Hidrolisis Garam
c. Kelarutan
dan Hasil kali kelarutan
7.
Sistem koloid
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
No.
|
Rumusan Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
|
Semester
|
SK.1
|
Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat
periodik unsur, struktur molekul dan sifat-sifat senyawa
|
I ( Ganjil )
|
KD 1.1
KD 1.2
KD 1.3
|
Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi
elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel
periodik.
Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron disekitar kulit luar atom
pusat dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.
Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dan sifat zat
|
|
SK.2
|
Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya
|
|
KD 2.1
KD 2.2
|
Mendeskripsi-kan perubahan entalpi reaksi, reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm
Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess,
data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan
|
|
SK.3
|
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan
faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
|
|
KD 3.1
KD 3.2
KD 3.3
KD 3.4
KD 3.5
|
Mendeskrip-sikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Memahami teori
tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde
reaksi, dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah keseimbangan dengan melakukan percobaan
Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi
keseimbangan
Menjelaskan penerapan
prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
|
|
SK.4
|
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode
pengukuran dan terapannya
|
II ( Genap )
|
KD 4.1
KD 4.2
KD 4.3
KD 4.4
KD 4.5
KD 4.6
|
Mendeskripsikan
teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH
larutan.
Menghitung
banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil
titrasi asam basa.
Mendeskripsi-kan
sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk
hidup
Menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut
Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk
menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis
Memprediksi
terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
|
|
SK. 5
|
Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta
peneapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
KD 5.1
KD 5.2
|
Mengelompokkan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Membuat berbagai
sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar